SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA. MARI BERBAGI DAN BELAJAR MATEMATIKA BERSAMA

Monday 15 February 2016

TRIGONNOMETRI 2 (FUNGSI SINUS, PERSAMAAN FUNGSI SINUS)



Halo adik-adik sekalian, ketemu lagi dalam diskusi belajar matematika, matematikamu matematikaku. Sebelum kita membahas dan mempelajari bersama mengenai fungsi trigonometri, mari kita mengingat kembali nilai-nilai sudut istimewa dalam fungsi trigonometri.





Nah, dalam mempelajari persamaan fungsi trigonometri, kita harus sudah mahir dalam materi menggambar grafik fungsi trigonometri yang sudah dijelaskan sebelumnya. Dan juga, penguasaan materi dalam memahami kuadran dan beberapa aturan dalam kuadran (positif dan negatifnya fungsi trigonometri dalam kuadran, misalnya di kuadran I semua fungsi trigonometri bernilai positif, di kuadran II fungsi trigonometri yang bernilai positif adalah fungsi sinus/sin, dll.).
Selanjutnya, mari kita menyimak bersama mengenai fungsi trigonometri!
 




1.      Fungsi sinus
Kita semua tahu bahwa fungsi sinus bernilai positif berada pada kuadran I dan kuadran II. Nah sekarang kita simak bersama contoh dan penyelesaian dalam persamaan fungsi sinus.
Contoh soal:
Tentukan nilai x yang memenuhi persamaan 




penyelesaian :
Perlu kita ingat kembali bahwa rentang sudut dalam satu putaran penuh 00 - 3600 atau bisa ditulis sebagai 

 Dengan demikian,

Baiklah adik-adik sekalian, kesempatan ini kita sudah membahas persamaan fungsi sinus, berikutnya kita akan membahas persamaan fungsi cosinus dan fungsi tangent.
Sampai ketemu lagi di kesempatan selanjutnya.
Selamat belajar…






No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung di blog saya.
Silakan Tulis Komentar di sini.