SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA. MARI BERBAGI DAN BELAJAR MATEMATIKA BERSAMA

Tuesday 2 June 2015

Catatan Aljabar

Materi aljabar bagi seseorang dianggap sebagai salah satu sosok menakutkan. Entah karena banyaknya varibel yang ditulis atau bahkan karena yang muncul selalu variabe "x" dan "y" sehingga para siswa selalu dibingungkan dengan aljabar. Apa iya begitu sobat? tentunya tidak juga, menurut saya.
Ada beberapa catatan dalam pembelajaran aljabar di kelas. Catatan-catatan tersebut di antaranya sebagai berikut.
(1) dalam menjelaskan penyelesaian persamaan aljabar satu variabel, seringkali terdengar "ini dipindah ruas ke kanan sehingga yang bertanda plus jadi minus, begitu juga sebaliknya". Sadar atau tidak sadar penjelasan ini suatu saat menjerumuskan para siswa yang belajar aljabar pada materi aljabar selanjutnya.
(2) Penggunaan ekuivalensi dalam penyelesaian persamaan bentuk aljabar seringkali terabaikan, hal ini memunculkan masalah baru ketika para siswa menuliskannya sebagai tanda sama dengan, tidak sebagai ekuivalensi.
(3) operasi dasar aljabar (tambah, kurang, kali, bagi) dalam pemodelan matematika seringkali salah disebabkan teks permasalahan (soal) yang diberikan masih memiliki makna gamda (multi tafsir)

Permasalahan ini merupakan kesalahan-kesalahan mendasar dan terulang. Dari permasalahan ini, bagi Bapak Ibu guru bisa menjadikannya sebagai bahan merumuskan dan menyusun PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Sedangkan bagi siswa, permasalahan ini lebih menjadikan kehati-hatian dalam mempelajari dan mempraktikkan teori dasar aljabar.

semoga yang penulis tulis di sini lebih mencerahkan para rekan-rekan guru, para siswa, dan semua orang yang mempelajari aljabar tingnkat dasar.

semoga bermanfaat.
mari selalu berkarya menuju Indonesia Emas 2045.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung di blog saya.
Silakan Tulis Komentar di sini.