SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA. MARI BERBAGI DAN BELAJAR MATEMATIKA BERSAMA

Sunday 10 May 2015

Memaksimalkan Fungsi Sosmed Sebagai Media Belajar Siswa

Kita sudah tentu sangat mengenal Facebook, Twitter, Path, BBM (massenger), WA (Whatshap), dsb. yah, semua itu adalah sosial media yang sangat diganderungi banyak kalangan. Baik anak-anak usia sekolah dasar, sekolah menengah bahkan orang tua dan pebisnis.

Apa sih sosial media itu?
Sosial berarti perkumpulan, interaksi, timbal balik, dan sebagainya. Sedangkan media berarti alat, cara, wadah. Jadi, sosial media merupakan wadah interaksi antara seseorang dengan orang lain dengan maupun tanpa tatap muka. Namun, dalam perkembangan sekarang sosial media selalu dikaitkan dengan dunia maya (internet). Sehingga pengertian sosial media adalah wadah komunikasi antara seseorang dengan orang lain yang tidak saling bertemu/bertatap muka langsung.

Apa sih istimewanya sosial media?
Era teknologi seperti abad 21 sekarang, tentu setiap orang akan selalu ingin cepat, efisien, tepat, dan pastinya hemat. Sosial media merupakan salah satu alat penunjang dan tentunya pendukung setiap manusia. Bagaimana tidak, ketika seseorang memiliki keluarga yang bertempat tinggal nan jauh, efisiensi untuk bertemu dan bertatap muka tentu sangat penting, namun mengingat dan berbagai pertimbangan lain, pastilah orang tersebut menghendaki yang cepat, hemat, efisien, dan tentunya tetap menjalin hubungan baik antar anggota keluarga.
Efisiensi sosial media sangat mendukung terciptanya suasana dan efisiensi tersebut. Di smping itu, sebagai seorang Pendidik (Guru/Dosen) tentu bisa membimbing, mengarahkan, dan juga mendidik para anak didiknya melalui jejaring sosial seperti halnya FB dan lain sebagainya. Tugas tambahan, materi-materi yang perlu dipelajari, dan juga bisa saling berbagi pengetahuan dan pengalaman melalui jejaring sosial.

Apa sih Kendalanya? Kenapa Sosial Media (FB), bukan yang lain?
Pertanyaan seperti ini seharusnya sudah terjawab ketika kita melihat banyak sekali fenomena anak-anak sekarang tidak bisa lepas dari Gadget. Terlebih mereka yang memiliki fasilitas keluarga cukup. Facebook sangat familiar dan tentunya bisa dipastikan dengan fitur yang cukup lengkap dan kemudahan mengakses melalui Gadget sangat memungkinkan digunakan sebagai salah satu media pendidikan. Seperti halnya pembimbingan, tugas-tugas, dan lain sebagainya.

Nah, saya rasa tulisan ini cukup dan semoga bisa memberikan inspirasi bagi pembaca sekalian, terlebih para pendidik maupun calon pendidik yang nantinya bakal menghadapi tahun emas 2045, 1 Abad kemerdekaan Indonesia yang digadang-gadang menjadi tahun kebangkitan dan besarnya bangsa Indonesia di mata dunia. Amin YRA.

Salam Pemersatu Bangsa, Pendidikan!

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung di blog saya.
Silakan Tulis Komentar di sini.